Senin, 09 Juni 2008

St. Bonifasius (675-754)- Uskup, Misionaris dan Martir

Nama kecilnya adalah Winfred. Dia adalah putra seorang bangsawan di Inggris. setelah dewasa Winfred menjadi biarawan Benediktin. Pada tahun 719, Winfred dikirim ke Jerman atas perintah Paus Gregory II. Saat itu sebagian besar penduduk Jerman belum mengenal Yesus. Pada tahun 722 ketika Winfred sedang berkunjung ke Roma, Paus memintanya untuk membenahi berbagai hal dalam gereja di Jerman. Winfred kemudian diberi nama oleh Paus menjadi Bonifasius. Di Jerman Bonifasius membentuk keuskupan-keuskupan dan membawahi 13 keuskupan. Selain itu dia juga banyak menghasilkan perubahan-perubahan gemilang terutama dalam mempertobatkan rakyat Jerman yang menyembah berhala untuk menjadi pengikut Kristus. Bonifasius berusaha mengembalikan kepatuhan para rohaniwan pada Paus dan mendirikan banyak pertapaan Benediktin sebagai tempat doa.
Pada usianya yang ke-73. Bonifasius beralih ke Frisia namun dia tidak diterima. Bersama 52 orang pengikutnya, ia dibunuh dengan pedang. Bonifasius waktu itu mencoba melindungi kepalanya dengan Alkitab, namun pedang membelah Alkitab itu dan membunuhnya. Maka Santo ini dilambangkan dengan seorang Uskup dengan Alkitab yang ditusuk pedang.
Legenda menceritakan bahwa tradisi memasang pohon Natal berasal dari Santo ini. Waktu itu St. Bonofasius sedang berkunjung ke Hesse dan melihat sekelompok porang yang hendak mengorbankan seorang anak kecil bagi dewa yang tinggal di pohon. St. Bonifasius berusaha mencegahnya. Dia mengatakan bahwa para dewa tidak berdaya. St. Bonifasius menebang pohon itu dan memang tidak terjadi apapun padanya. Masyarakat disana menjadi percaya dan menjadi pengikut Kristus. Pesta perayaan St. Bonifasius dirayakan setiap tanggal 5 Juni.

Tidak ada komentar: