Senin, 09 Juni 2008

Beata Kateri Tekakwitha (1656-1680)

Kateri Tekakwitha adalah warga pribumi asli Amerika pertama yang menjadi beata. Lahir di kota Auriesville, New York. Beberapa tahun sebelum Kateri lahir, Pater Isaac Joques, seorang imam Jesuit yang berkarya di tengah suku Indian dan beberapa pengikutnya dibunuh oleh orang Indian. Ibu KAteri, Kahenta adalah suku Indian Algonguin yang saat itu bermusuhan dengan suku Indian Mohawk. Kahenta melalui Pater Isaac telah mengenal Yesus dan ajaran-ajarannya. Suatu hari Kahenta diculik oleh suku Indian Mohawk dan dipaksa menikah dengan kepala sukunya. Kahenta kemudian melahirkan Kateri. Beruntung, ibunya mendidik Kateri dengan baik dan mengajarkannya tentang Kristus.
Kateri menjadi yatim piatu pada usia 4 tahun karena orang tuanya terkena wabah cacar. Kateri juga terkena wabah namun dapat disembuhkan, walaupun bekasnya masih nampak di wajahnya. Kateri kemudian dirawat oleh pamannya. Mereka adalah orang-orang yang belum mengenal Kristus, namun berkat ajaran ibunya Kateri tetap rajin berdoa pada Yesus. Paman bibinya sangat marah ketika Kateri menolak lamaran seorang pria karena Kateri mau menyerahkan hidupnya sepenuhnya pada Yesus dengan tidak menikah. Dia kemudian diusir ke tengah hutan. Kateri tinggal sendiri di sebuah pondok di tengah hutan. Di tempat itu Kateri justru semakin rajin dalam berdoa.
Tuhan sepertinya mengutus Pastor Lambertville untuk membaptis Kateri. Pada tahun 1676, pastor tersebut sedang melewati hutan dan dia tertarik untuk melihat pondok tempat Kateri tinggal. Pastor Lambertville kemudian mengajar Kateri dan membaptisnya pada hari minggu Palma 1677. Kateri menerima komuni pertama pada hari Natal tahun 1677. Sesudah dibaptis, Kateri pindah ke koloni Kristen Indian Di Kanada. Kateri ingin menjadi biarawati tapi tidak diijinkan dengan berbagai alasan, namun dia diijinkan berkaul keperawanan pada tanggal 25 Maret 1679.
Kateri mendedikasikan hidupnya untuk doa dan Ekaristi. Dia juga banyak melakukan mati raga sehingga badannya menjadi kurus. Kateri meninggal pada 7 april 1680. Pada saat meninggal, wajahnya yang semula dipenuhi bekas cacar, secara ajaib bekas itu hilang tak berbekas. Kateri dibeatifikasi pada tahun 1986. Kateri dikenal sebagai "Bunga lili bangsa Mohawk" dan menjadi pelindung lingkungan hidup. Pestanya dirayakan setiap tanggal 14 Juli.

Tidak ada komentar: